Permata Heldisari, Hana and Ilham Ramadhan, Mohammad (2021) Pengembangan Materi Pembelajaran Pitch, Tempo dan Dinamika dalam Pembelajaran Musik Berbasis Eurhythmic Dalcroze. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
BAB I_Hana Permata Heldisari.pdf Download (806kB) |
|
Text
BAB VI_Hana Permata Heldisari.pdf Download (669kB) |
|
Text
FULL TEXT_Hana Permata Heldisari.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Ket. Jurnal_Hana Permata Heldisari.pdf Download (677kB) |
Abstract
Eurhythmic merupakan salah satu metode pembelajaran musik yang menghubungkan kecerdasan kinestetik dengan kecerdasan musikal. Metode ini mempelajari musik melalui gerakan tubuh yaitu ritme, gerakan, dan ruang waktu. Sayangnya, metode ini membutuhkan pendukung untuk menciptakan kefektivan pembelajaran berupa musik sehingga guru dapat fokus mengarahkan dan mencontohkan instruksi kepada siswa. Untuk mencapai target belajar di tiap elemen musik (pitch, tempo, dan dinamika) dibutuhkan materi musik yang mampu fokus pada tiap elemen. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa materi pembelajaran pitch, tempo, dan dinamika dengan format mp3 berbasis eurhythmic. Teori yang digunakan adalah pembelajaran musik dan eurhythmic dalcroze. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan (research and development/ R&D). Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan dengan jangka waktu penelitian selama 10 bulan. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sedang menempuh mata kuliah Teori Musik Diatonis pada tahun ajaran 2021/2022. Setelah didapatkan sampel, selanjutnya dibagi menjadi kelompok uji coba skala kecil dan kelompok uji coba skala besar secara acak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang digunakan untuk mengukur kelayakan produk oleh ahli materi dan pengguna produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk mengetahui sejauh mana kelayakan dan keefektifan produk yang dihasilkan untuk dipakai di kalangan luas. Alur pengembangan mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation (evaluasi dari pengguna produk). Hasil penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa materi ajar tentang pitch, tempo dan dinamika berbasis eurhythmic yang terukur kelayakannya. Hasil penelitian akan dipublikasikan pada salah satu jurnal ilmiah terakreditasi Dikti misalnya yaitu Jurnal Seni Musik Universitas Negeri Semarang (SINTA 5) dan dipresentasikan sebagai pemakalah pendamping pada seminar nasional. Selain itu, penelitian ini menghasilkan Kekayaan Intelektual berupa materi ajar dalam bentuk mp3.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN | ||||||
Uncontrolled Keywords: | sendratasik, pembelajaran musik | ||||||
Subjects: | Pendidikan Seni Pertunjukan | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan | ||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 04:06 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2023 04:06 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13909 |
Actions (login required)
View Item |