Strategi Pembelajaran Ekspositori Dan Kontekstual Pada Kelas Tari Gelegar Nusantara Di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta

Aulia Sihotang, Meidita (2022) Strategi Pembelajaran Ekspositori Dan Kontekstual Pada Kelas Tari Gelegar Nusantara Di Sanggar Seni Kinanti Sekar Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Meidita Aulia Sihotang_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Meidita Aulia Sihotang_2023_BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Meidita Aulia Sihotang_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Meidita Aulia Sihotang_2023_Naskah Publikasi.pdf

Download (733kB)
[img] Text
Meidita Aulia Sihotang_2023_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Sanggar Seni Kinanti Sekar memiliki satu-satunya tarian yang terdiri dari beberapa motif gerak tari di nusantara dan dikemas menjadi satu karya yang berjudul Tari Gelegar Nusantara. Tari Gelegar Nusantara pernah dibawakan oleh Kinanti Sekar di Kazakhtan dalam acara Misi Tari. Pembelajaran Tari Gelegar Nusantara merupakan pembelajaran tingkat kedua, yang sebelumnya peserta didik harus menguasi terlebih dahulu materi tingkat pertama yaitu tari Kenes Gendhes. Selama proses pembelajarannya menggunakan strategi ekspositori dan contextual teaching and learning (CTL). Strategi pembelajaran ekspositori merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari guru ke peserta didik. Strategi CTL merupakan strategi yang melibatkan peserta didik secara penuh dalam proses pembelajarannya. Pada pembelajaran Tari Gelegar Nusantara pelatih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dan kontekstual dalam penyampaian materi agar pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran Tari Gelegar Nusantara, sedangkan subjeknya yaitu pemilik sanggar, pelatih tari, dan peserta didik kelas kreasi dewasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi ekspositori dan kontekstual pada proses pembelajaran Tari Gelegar Nusantara berlangsung dengan baik. Penggunaaan strategi eskpositori membantu peserta didik untuk memahami materi yang dijelaskan secara verbal oleh pelatih. Penggunaan strategi kontekstual membantu peserta didik untuk memahami makna dari setiap motif geraknya, sehingga peserta didik dapat menarikan tari Gelegar Nusantara dengan rasa. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Tari Gelegar Nusantara, Pembelajaran Tari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Aulia Sihotang, Meiditanim1810183017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRatri Probosini, Agustinanidn0014086417
UNSPECIFIEDNendra Pratama, Ujangnidn0508029101
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Tari Gelegar Nusantara, Pembelajaran Tari
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Meidita Aulia Sihotang
Date Deposited: 07 Feb 2023 21:27
Last Modified: 07 Feb 2023 21:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

View Item View Item