Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Origami Terhadap Minat Belajar Sejarah Tari Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Sempu Banyuwangi

Wahyuni, Titis (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Origami Terhadap Minat Belajar Sejarah Tari Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Sempu Banyuwangi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Titis Wahyuni_2025_BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Titis Wahyuni_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Titis Wahyuni_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
Titis Wahyuni_2025_FULL TEKS viks1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan ditemukan bahwa siswa kurang terlibat aktif, banyak siswa pasif dengan semangat yang rendah saat mengikuti pelajaran, kurangnya kemampuan berkomunikasi, kolaborasi antar siswa, dan minimnya empati siswa dalam pembelajaran materi sejarah tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan origami terhadap minat belajar sejarah tari di kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Sempu Banyuwangi. Origami dalam model Talking Stick merupakan permainan yang dialihfungsikan sebagai media/alat bantu dalam pelaksanaan model pembelajaran. Penerapan model pembelajaran ini dilakukan untuk mengatasi masalah minat belajar peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Sempu Banyuwangi yang dapat berpengaruh terhadap pemahaman materi sejarah tari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain quasi eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Angket berisi 36 pernyataan untuk mengukur minat belajar siswa pada kelas kontrol dan eksperimen. Lembar observasi digunakan untuk mendeskripsikan perlakuan yang dilakukan ketika pembelajaran berlangsung. Instrumen angket melewati uji coba dengan menguji validitas dan reliabilitas. Hasil teknik pengambilan sampel secara purposive sampling diperoleh responden yang berjumlah 60 pada dua kelas, 30 siswa di kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang mengikuti model pembelajaran Talking Stick berbantuan origami dan 30 siswa di kelas VII A sebagai kelas kontrol yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Analisis uji hipotesis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji independent sample t. Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Kelompok eksperimen mengalami kenaikan rata-rata skor dari 98,70 menjadi 115,70. Secara keseluruhan, hasil menunjukkan bahwa perlakuan memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat belajar, siswa menunjukkan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran, bersikap tertib, dan mampu memahami materi teori sejarah tari. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Talking Stick berbantuan origami terhadap minat belajar siswa pada materi sejarah tari di kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Sempu Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Wahyuni, Titisnim2110309017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPermata Heldisari, Hananidn0029059003
ContributorNendra Pratama, Ujangnidn0508029101
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKANSENIPERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Media Origami, Sejarah Tari, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Titis Wahyuni
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:56
Last Modified: 01 Jul 2025 08:08
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item