Strategi Pembelajaran Seni Tari Secara Daring Kelas VII G SMP Negeri 1 Sewon

Lie, Tangchachiang (2021) Strategi Pembelajaran Seni Tari Secara Daring Kelas VII G SMP Negeri 1 Sewon. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Tangchachiang Lie_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Tangchachiang Lie_2021_BAB I.pdf

Download (777kB)
[img] Text
Tangchachiang Lie_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Tangchachiang Lie_2021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text
Tangchachiang Lie_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Tangchachiang Lie_2021_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (664kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul Strategi Pembelajaran Seni Tari secara Daring di Kelas VII G SMP Negeri 1 Sewon berlatar belakang fenomena perubahannya proses pembelajaran secara langsung menjadi pertemuan jarak jauh karena Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pembelajaran seni tari kelas VII G SMP Negeri 1 Sewon Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Seni Tari di Kelas VII G di SMP Negeri 1 Sewon pada masa Pandemi Covid-19. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, dan triangulasi metode. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran seni tari di kelas VII G SMP Negeri 1 Sewon pada masa Pandemi Covid-19 adalah strategi ekspositori yang meliputi persiapan, penyajian, menghubungkan, menyimpulkan dan mengaplikasikan dengan mengutamakan media WhatsApp. Kelebihan dalam penerapan strategi pembelajaran yaitu guru dan peserta didik mendapat ilmu baru dalam penggunaan teknologi, dapat mempelajari materi yang luas dengan waktu yang terbatas, pembelajaran tidak hanya dapat dilakukan dengan lisan tatapi bisa dengan Power Point. Kekurangan dalam penerapan strategi pembelajaran yaitu tidak meratanya penyerapan ilmu dalam pembelajaran, terkendalanya seorang guru dalam mengontrol peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Lie, Tangchachiangnim1610109017
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorProbosini, Agustina Ratrinidn0014086417
ContributorDjatmiko, Gandungnidn0004116108
Department: KODEPRODI88209#PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, pembelajaran seni tari, deskriptif kualitatif
Subjects: Pendidikan Seni Pertunjukan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Depositing User: Tangchachiang Lie
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:23
Last Modified: 18 Aug 2021 04:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8989

Actions (login required)

View Item View Item